INFO DESA

SEDEKAH DESA JATIGONO TAHUN 2022
08 Agustus 2022   169 kali

Jatigono, 7 Agustus 2022

 

Sedekah Desa Jatigono merupakan agenda kegiatan tahunan yang dilakanakan pada setiap tanggal 10 Muharram dan bertempat di Balai Desa Jatigono. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka wujud syukur kita terhadap tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat yang telah diberikan. Selain ungkapan rasa syukur, kegiatan ini juga bertujuan sebagai ikhtiar kita kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya Desa Jatigono dijauhkan dari segala macam gangguan dan pagebluk (wabah penyakit).

Acara Sedekah Desa Jatigono tahun ini dihadiri oleh Camat Kunir, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Perangkat Desa, RT dan RW, Gerbangmas dan PKK, Babinmas Desa Jatigono, warga masyarakat Desa Jatigono, dan ada juga perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang yang turut hadir.

Warga masyarakat yang hadir membawa tumpeng atau berkatan yang nantinya disantap bersama pada lokasi acara (Balai Desa Jatigono). Dengan begitu bisa memupuk rasa persaudaraan dan mempererat tali silaturahmi antar warga Desa Jatigono.

Adapun rangkaian acara sedekah desa kali ini antara lain dibuka dengan khataman Al-Quran yang dilaksanakan pada sore hari hingga menjelang maghrib. Dilanjutkan dengan prosesi tolak tanggul oleh tokoh adat Desa Jatigono dengan harapan bisa menolak segala macam balak atau pagebluk. Pada malam hari acara dimulai setelah maghrib dengan agenda istighosah bersama tokoh agama, sambutan oleh Kepala Desa Jatigono (H. Rudy Prasetyo) dan Camat Kunir (Yudho Harianto). Dilanjutkan dengan santunan anak yatim piatu yang berdomisili di Desa Jatigono. Untuk acara yang terakhir yakni pagelaran wayang Ruwat dan Ugem oleh tokoh adat.

 

Kembali