INFO DESA

TRADISI TINGKEPAN PARI YANG EKSIS DI DESA JATIGONO
02 November 2022   153 kali

Musim tanam padi sudah memasuki bulan panen. Para petani Desa Jatigono sudah terbiasa mengadakan kegiatan rutinan tingkepan pari untuk menyambut panen setiap musimnya.

Tingkepan pari adalah tradisi turun temurun dari leluhur warga Desa Jatigono sebagai wujud sarana  permohonan kepada Allah SWT atas tanaman padi yang sudah ditanam para petani Desa Jatigono agar pada saat panen nanti mendapatkan hasil yang melimpah. Tingkepan pari kali ini bertempat di rumah petani Bapak Santoso yang berlokasi didekat persawahan Dusun Sukorame Desa Jatigono. Seperti tahun sebelumnya, tingkepan pari dihadiri oleh seluruh petani yang ada di Desa Jatigono dan perangkat Desa jatigono dengan membawa tumpeng.  

Acara tingepan pari diawali dengan sambutan oleh ketua kelomok hippa Desa Jatigono, kemudian dilanjutkan dengan acara tolak tanggul yang merupakan tradisi jawa kuno untuk menjauhkan segala jenis penyakit tanaman padi milik petani Desa Jatigono. Acara selanjutnya yaitu tahlil dan do'a yang dipimpin oleh tokoh adat setempat.

Sampai saat ini, tigkepan padi sudah menjadi tradisi yang rutin dilakukan oleh petani Desa Jatigono saat musin tanam padi. (red: Kim Desa Jatigono)

Kembali